Dear My President

Assalamu'alaikum wr wb..

Semoga bapak selalu dilimpahi kebaikan disetiap langkah dalam menjalankan amanah..

Pak, saya adalah seorang pengusaha kecil berasal dari daerah kecil. Mungkin daerah saya juga ga begitu terlihat di peta. Tapi benar pak, daerah ini masih bagian dari wilayah republik Indonesia kok. Jadi gapapa ya pak kalau saya harus curhat ke bapak.

Usaha yang saya jalani sekarang adalah usaha yang diwarisi oleh orang tua saya. Dulu, orang tua saya adalah orang susah. Tapi berkat kerja keras, akhirnya orangtua saya terbebas dari kemelaratan. Kata bapak saya "hidup dijaman pak Harto dulu kita dikasi tanah, jadi siapa yang kerja keras inshaAllah masa depannya terjamin". Yah mungkin bapak saya waktu itu lagi nyindir tetangganya yang sampai sekarang hidupnya susah. Padahal setiap ada bantuan dari pemerintah, mereka pasti dapet. Mulai dari dana tunai, rumah layak huni, kartu pintar, kartu sehat, pokoknya semua kartu sakti mereka punya pak. Dan, bapak saya memang ga suka sama tetangganya itu. Karna setiap hari cuma ongkang-ongkang kaki dirumah. Sedangkan kami yang katanya keluarga berada, tiap pagi harus meras otak pontang panting sana sini mengurusi usaha. Jadi mohon maklumi bapak saya ya pak, kalau harus bilang pemerintahan ini sungguh sama sekali tidak mendidik rakyatnya dengan baik.

Oya pak, saya juga termasuk orang yang selalu bolak balik rumah sakit. Ibu saya penderita deabetes dan beberapa penyakit berat yang lain. Sedangkan saya juga termasuk seorang yang gampang sakit. Jadi ya mau ga mau kita harus bolak balik chek in rumah sakit 😊. Hmmm, ada moment dimana saya harus menahan air mata pak. Bukan cuma karna sedih orang tua saya sakit, bukan pak. Beberapa kali saya harus melihat masyarakat pemegang kartu sakti bapak harus merasa makin sengsara di rumah sakit. Kata ibu saya "bukannya tambah sehat mereka tu, malah makin sakit". Ibu saya bilang gini karna melihat bangsal yang jadi ruang rawat inap pasien pak. Kondisinya menurut kami bener-bener miris. Belum lagi petugas rumah sakit yang tidak pernah ramah sama mereka. Sangat beda sikap dengan kami pengguna ruang vip. Dulu, saya pernah menanyakan pak, ternyata alasan kenapa mereka tidak ramah sama pasien pemegang kartu sakti bapak adalah karena pemerintah belom bayar tunggakan kerumah sakitnya. Bahkan rumah sakit jadi rugi karna pemerintah ga mau bayar hutang ke rumah sakit. Ternyata pak, imbasnya lagi-lagi ke rakyat jelata. Yang bikin saya makin sakit hati, ketika saya nebus obat. Disitu ada antrian panjang ibuk-ibuk sama nenek-nenek yang dari raut wajahnya seperti kebingungan. Saya baru saja ngasih resep obat sama petugasnya, tapi nama saya langsung dipanggil. Saya heran pak, kenapa yang antri sebanyak ini, tapi malah nama saya yang duluan dipanggil. Lagi-lagi karna saya bayar tunai, bukan pakai kartu sakti. Satu lagi pak yang buat saya tersakiti. Obat yang dikasih rumah sakit ke pasien kartu sakti itu samar-samar saya lirik, kalo tidak salah di kasih lebel "obat miskin". Ya Allah pak.. tapi semoga saya salah baca ya pak.

Pagi ini, saya ke toko saya. Kebetulan, toko saya berdekatan dengan restoran tempat singgah makan bus atau mobil-mobil antar kota. Parkirannya sepi sekali pak. Tidak ada satupun mobil parkir disana. Saya juga melihat toko-toko yang lain, sepertinya sama saja. Sepi. Kalau bapak tanya gimana dengan toko saya, jawabannya tentu sama pak. Tapi Alhamdulillah, selain menyediakan perobotan rumah tangga, toko saya juga menyediakan kebutuhan pokok. Jadi mau ga mau, setiap hari mesti ada yang datang walau cuma sekedar berbelanja teh sasetan, gula kiloan, beras kiloan, sama mie instan. Udah sangat jarang sekali masyarakat sekitaran sini yang ingin menambah perobatan rumahnya pak. Mereka bilang, "udah bisa beli beras aja uda syukur". Perlu bapak ketahui, daerah saya penghasil karet sama sawit pak. Tapi, sekarang harga jualnya anjlok sekali, berbanding terbalik sama harga sandang pangan. Saya sendiri sebagai orang yang langsung berhadapan dengan konsumen, selalu mendengar curhatan pelanggan tentang betapa susahnya hidup sekarang ini pak.
Kalau bapak ga percaya, saya punya satu cerita lagi. Tapi bukan tentang curhatan pelanggan. Kali ini curhatan distributor pemasok barang di toko saya. Semuanya ngeluh lho pak. Penjualan mereka menurun drastis. Katanya banyak toko yang nyetop masok barang, karna jualan lagi sepi memang. Gimana toko mau ambil barang lagi kalau barang yang sudah ada masih bertumpuk digudang. Bahkan menurut sales yang selalu antar barang ke toko saya, katanya sudah banyak juga toko yang terpaksa gulung tikar atau paling ga ya phk karyawan. Karna kami para pedagang gini mana sanggup bayar karyawan yang kerjanya cuma jadi duduk-duduk doank (gimana ga duduk, yang beli kagak ada).

Sebenernya ga cuma pengusaha dibidang barang yang ngerasa keadaan kayak gini pak. Di sebelah toko saya ada tukang pangkas rambut, dan sama. Mereka juga merasa kesepian pak. Orang-orang lebih baik gondrong daripada harus bayar 15 ribu. Katanya bisa buat beli beras uang segitu. Tapi Alhamdulillah masi ada si yang pangkas ABG ABG gitu. ABG yang belum ngerasa susah nyari duit 😊

Saya heran sekaligus kagum lho pak sebenernya. Kenapa hal seterpuruk ini bisa bapak kemas sedemikian rupa dan jadi tak terlihat dipermukaan. Kenapa pendukung bapak masih bilang bapak hebat padahal kontrakannya nunggak 3 bulan belum bisa bayar. Hmm entahlah..

Oya pak, sekarang ditempat saya sedang terjadi kelangkaan gas melon. Gas yang ditabungnya juga ditulis "untuk rakyat miskin" itu lho pak. Padahal yang pake hampir semua masyarakat sini pak. Brarti semua masyarakat bapak disini miskin tu wkwkwk.. sudah seminggu ini, masyarakat kocar kacir nyari gas. Bahkan harganya ga lagi untuk warga miskin. Sudah mencapai 30-35 ribu setabung. Padahal sebenernya 18 atau 19 ribu kan ya? Pasti bapak heran kenapa ditempat saya bisa mahal. Saya ga bohong lho pak. Memang dari pertamina mungkin masih 18 ribu, tapi ya bapak tau sendirilah kalo dah dilapangan tu banyak mafia 😊.. beneran lho pak, sampai ke rakyat jelata harganya jadi 30an sekarang.

Tadinya saya mau menyudahi curhatan saya ini pak, tapi saya masih kefikiran satu hal. Satu hal yang mungkin bikin saya selalu panas dingin. Sekarang, saya ngerasa islamphobia itu semakin merajalela pak. Saya muslim, menurut bapak apakah wajar jika saya merasa tersinggung ketika ajaran agama saya dinistikan? Saya sedang tidak berbicara yang menistakan itu non muslim ya. Kalo non muslim yang menistakan agama saya, mungkin saya berfikir, "oowh, dia tidak faham, doakan saja". Ini malah yang muslim sendiri berasa alergi sama ajaran agamanya sendiri. Bahkan pemerintahan bapak mencanangkan yang namanya islam nusantara. Itu bagaimana si sebenernya? Aneh sekali gitu lho. Kok seakan dibedakan islam indonesia sama islam yang dibawa sama nabi kita. Cacat donk rukun imannya? Satu lagi tentang volume adzan.. waduh pak, ini kalo dikampung saya, semakin keras suara adzan, semakin kenceng anjing-anjing warga menggonggongnya. Serius ini ga becanda. Anjing disini tu kalo denger suara adzan, yang tadinya dia lagi tidur, langsung bangun terus menggonggong. Ribuut kali saling sahut gitu. Dulu waktu saya kecil ngaji gitu pak, guru ngaji saya bilang "waktu adzan dikumandangkan, setan iblis itu lari terbirit-birit". Sekarang saya dah tamat kuliah, dan saya dapat pelajaran kalo kelelawar, anak bayi, kucing sama anjing itu bisa mendengar  suara sampai level utra sonik. Artinya anjing itu bisa dengar suara yang ga bisa kita denger. Mungkin bangetkan kalo anjing itu denger suara setan iblis yang hiruk pikuk lari terbirit-birik waktu denger suara adzan. Makanya dia ngegonggong. Yah, bapak bisa simpulkan sendiri deh apa maksud saya ini..

Saya memang lagi ga nyaman sama kondisi seperti ini ada di negara kita tercinta ini pak. Jujur saya sayang sama bapak. Melihat wajah polos bapak, bahkan saya ga tega untuk mengeluh sedemikian rupa sama bapak. Tapi saya muslim, saya indonesia, saya juga pancasila kok pak. Jangan bapak percaya kalau ada yang bilang, muslim yang kontra sama bapak adalah muslim yang anti pancasila. Enggak pak, saya ini sangat pancasila bahkan. Saya punya Tuhan, saya beradap, Saya masi punya cita-cita indonesia bersatu, saya masih nyoblos juga, pun saya masih ikut gotong royong walau ga diundang wkwkwk..  

Maaf ya pak, dengan begini, bukan berarti saya benci sekali sama bapak. Tapi bener, saya sangat sayang sama bangsa saya. Saya benci melihat orang berkata kasar. Dan sekarang itu terjadi dimana-mana. Yang ga sefaham, langsung dicaci maki.

Sekarang, temen-temen mahasiswa, adek-adek saya sepertinya sudah mulai turun ke jalan. Walau luput dari pemberitaan. Tapi itu biasa kok pak. Saya pernah ikut turun kejalan. Kulit saya juga pernah gosong, suara saya juga pernah serak demi membuat pemerintah tidak mengambil kebijakan seenaknya. Apa yang kami dapat sebagai mahasiswa dengan melakukan itu? Ga ada pak. Bahkan masyarakat yang kami bela pun, sebagian membenci kami. Katanya kami ini ga penting, cuma bisa ngerusak fasilitas. Aahh biarlah orang berkata apa. Karena kami melakukan itu bukan cuma ingin dilihat manusia. Tapi perjuangan kami lebih dari itu. Jadi ingat kata ulama "berjuang, mati. Ga berjuang juga mati".

Kalau terus diketik, mungkin ga akan habis ni pak keluhannya.. kasian bapak hehehe..

Ya udah ya pak, maaf bila ada salah kata..

Wassalamu'alaikum wr wb..

Nagisa


- - - -

Dapat kesempatan challenge curcol, gpp ya curcolnya tentang ini 😊😊😊


Comments

  1. cocok, bener sekali ini mbak. "Kalau terus diketik, mungkin ga akan habis ni pak keluhannya". closing statemen yang luar biasa menurut saya hahaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan