Sel Darah


Tiba-tiba aku jadi teringat seorang dosen yang lagi ngajar di depan kelas di awal-awal aku kuliah. Nama mata kuliahnya mikrobiologi. Hhmm, kalau diingat-ingat tahun-tahun pertama aku kuliah di jurusan ini, aku bener-bener mati-matian belajar sendiri. Karena ya memang aku buta dalam hal ilmu pengetahuan alam. Aku lulusan SMK jurusan elektro kumunikasi, sama sekali ga mengenal yang namanya biologi. Nah pada saat kuliah, mau tidak mau aku harus belajar sendiri dari awal supaya bisa nyambung sama dosen-dosennya. 

Stop dulu curcolnya

Lanjut tentang sel darah tadi ya. Hhmm yang aku inget, ibu itu bilangnya gini "sel darah merah itu ibaratkan saja seperti angkot". Maksudnya adalah, sel darah merah itu berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan sari-sari makanan berupa nutrisi bagi seluruh organ tubuh kita. sel darah merahlah yang bertugas mengangkut dan menyebarkannya ke organ-organ yang membutuhkan.

Terus ibu itu melanjutkan "Sedangkan sel darah putih itu anggep aja polisinya" maksudnya sel darah putih itu tugasnya buat mengamankan. Kalau ada benda asing yang masuk, entah itu kuman bakteri dll sel darah putihlah yang bertugas memusnahkannya.

Aku jadi berkesimpulan sendiri, sel darah memang bener-bener komponen paling penting dalam tubuh kita mengingat fungsinya tadi. Yah walaupun semua yang diciptakan Allah untuk menunjang kehidupan kita ini semuanya berperan sesuai fungsinya 😊.

Kalau kamu sering pusing, bisa jadi karena tubuh kamu lagi kekurangan stok sel darah merah. Karena nutrisi atau oksigennya ga tersebar baik. Pusing itu kayak alarm atau sinyal yang dikirim tubuh kamu. Jadi cepet-cepet deh banyakin makan sayur atau tidur yang cukup supaya sel darah merahnya bisa nambah.

Gitu juga kalau kamu ngerasa gampang sakit. Mungkin saja sel darah putih kamu lagi lemah atau kurang banyak untuk ngelawan virus-virus pengganggu.

Hhmmm, sekali-kali kita coba bertafakur sama hal yang paling dekat dengan diri kita. Jangan jauh-jauh, kita berfikir tentang peran penting sel darah barusan saja, rasanya sudah membuat kita bersyukur dan sangat takjub dengan hasil karya ciptaan Allah. Sel-sel terkecil sampai yang paling besar dalam tubuh kita ini bekerja sesuai dengan perintahnya. Sekalinya nanti Allah memerintahkan mereka untuk berhenti bekerja, ya sudah semuanya akan berhenti dan sampailah kita pada kata akhir. Akhir dari perjalanan kehidupan kita di dunia ini.

Kalau ada yang salah mohon koreksinya.. Jangan lupa, Tegur aku jika salah ^^

Masih semangat di#ramadhan30postingan

Da daahh

Wsslm wr wb

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Hanya Perlu Terbiasa #part2