Malu sama siapa hayoo??


Assalamu'alaikum wr wb..

Masih disuasana ramadhan, postingan kali ini juga kita cerita-cerita lagi aja ya.. ga bermaksud ghibah dan semoga ga dinilai ghibah (na'udzubillah)..

Puasa tahun ini tu, adalah puasa yanf paling banyak moment mergoki orang yang ga puasa. Muslim ya. Kalo non muslim ditempat aku sekarang mah tipenya santai aja nunjukin kalo ga lagi puasa. Maklum lah sekarang kan peraturannya orang yang puasa yang harus hormatin yang ga puasa. Jadi aku anggap itu wajar. Tapi ini yang aku tahu dia muslim tapi ga puasa.

Pertama, tetangga sebelah toko. Kejadiannya lucu lagi. Aku juga sudah lumayan deket sama mereka sejak pindah sini. Sering ngobrol juga beberapa kali. Jadi, waktu itu aku mau perlu sesuatu sama istrinya. Terus karna istrinya lagi cuci piring, aku disuruh masuk aja. Salah aku si, masuk ga pake salam. Karna aku fikir lagi pada tidur karna sepii. Jadi salamnya keciil aja dalam hati. Sekalinya aku masuk. Tadaaaaaa, dua orang laki-laki masih muda kuat tegap kecyduk lagi nyiduk nasi dan lauk pauknya wkwkwkwk.. kita sama-sama kaget donk. Aku langsung nunduk, dan dia langsung angkat tangan dan sedikit teriak " aduuuuuhhh, malu kali akuuuu". Aku langsung maaf bang maaf maaf. Padahal dalam hati nanya "kok aku yang minta maaf ya?" Wkwkwkwk.

Terus lagi, abang-abang yang masih kerja dibelakang toko bikinin pager. Kalau ini mungkin sedikit ada kata wajar (walau kata mami tetep ga wajar). Karena mungkin kerjaannya berat dan cuaca juga terik. Mereka diem-diem selalu ketauan minum sama aku. Dan ekspresinya itu lho wkwkwk. Kalau pas aku lewat mereka langsung senyam senyum "buuk" gitu aja sama minumannya diumpetin kebelakang. Aduu aduuuh..

Yang paling sering itu bapak-bapak sopir yang singgah di restoran depan toko aku. Kalau ini mungkin juga mereka bisa digolongkan sebagai musafir yang ada pengecualin untuk boleh ga puasa. Kadang mereka mampir ke toko buat beli susu. "Buk maaf, kalo disini boleh kan langsung diminum disini?hahaha (ntah kenapa dia tertawa) Soalnya saya ga puasa, ga tahan.. kalau dipekanbaru ga boleh buk harus dibungkus plastik hitam dulu". Aku paling cuma senyum terus dia agak ngumpet kedalam terus minum dah sampai tetes tetes terakhir. Kalau yang ini biasanya aku liat sikon. Kalau ditoko lagi banyak anak-anak yang puasa, aku mesti ga bolehin juga 😊.

Kalau kata mamak ni ya "kalau diturutin, siapa si yang kuat ga makan ga minum. Semua orang pasti bilang ga kuat buat puasa. Disitulah keimanan kita diuji. Kita puasa buat apa coba, ya buat pembuktian seberapa taqwa kita dihadapan Allah".

Kalau dari aku si, kenapa kamu lebih malu ketauan ga puasa dihadapan sesama manusia. Tapi ga ada rasa malunya sama sekali dihadapan Allah yang selalu memperhatikan gerak gerik kamu semasa kamu masih diberi nyawa. Wesss gitu ajalah..

Sekali lagi, semoga tulisan ini ga mengandung unsur ghibah yang akan mengurangi pahala puasa aku hari ini 😢.. cuma mau berbagi dan pengingat untuk diri sendiri.

Semoga hari berikutnya semakin berkah..

#ramadhan30postingan

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Hanya Perlu Terbiasa #part2