Cerita Tentang Latar Belakang Penelitian

Sudah lama si pen sheeerrring tentang suka duka menyelesaikan penelitian tugas akhir beserta ujian-ujiannya. Mumpung sekarang lagi mampet ide mau nulis tentang apa lagi, ya udah sini deh aku dongengin tentang perjalanan menuju sarjana perikanan. Tapi kali ini fokus cerita tentang latar belakang dari judul peneliatian yang aku pilih.

Sekedar info, judul yang aku ambil tentang penyimpanan spermatozoa ikan. Dari awal, sudah banyak yang bilang, kalau judul ini bakal menguras energi. Disamping belum pernah ada judul yang sama sebelumnya, peralatan dikampus aku juga belum memadai. Tapi aku kekeh juga pake judul ini.

Singkat cerita, setelah beberapa kali gagal dan mengulang penelitian, sampailah akhirnya aku di ujian sarjana atau bisa kita sebut ujian kompre. Di dalam ruangan selain ada aku yang akan disidang, juga ada 5 penguji dan satu notulen. Setelah aku memaparkan hasil penelitian, langsung lanjut tanya jawab dari penguji.

Naahh, disinilah terjadi perang dingin antara aku sama satu dosen penguji itu. Ibunya baik, tapi sepertinya kali ini beliau salah faham wkwkwk. Memang, di dalam buku teks, latar belakang dilakukannya penelitian penyimpanan sperma adalah karna kematangan gonad ikan jantan dan betina tidak terjadi sepanjang masa atau hanya terjadi musiman. Maka dilakukan penyimpanan sperma supaya ketika betina sudah matang gonad spermatozoa tersedia.

Yang jadi masalah adalah, di dalam skripsi aku, aku sama sekali tidak mengambil literatur itu. Karna memang latar belakang yang aku ambil berbeda. Alasannya adalah, bahan yang aku gunakan untuk membuat sperma tetap hidup adalah bahan alami yang tidak memungkin sperma untuk hidup lebih dari seminggu. Bahkan hasil penelitian aku sperma hanya bisa bertahan dan masih bagus itu hanya dua sampai tiga hari. Jadi latar belakang yang aku ambil, hanya untuk memudahkan transportasi penyebaran spermatozoa ikan ke daerah yang membutuhkan.

Tapi ya gitulah, aku tetap disalahkan 😢😢😢..

Hhmmm segitu aja dah, mohon maaf kalau ada keselahan, pokoknya jangan lupa tegur aku jika salah

Da daaahh

Wsslm wr wb

Masih #ramadhan30postingan

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Hanya Perlu Terbiasa #part2