Difficult Time In My Life

Assalamu'alaikum wr wb

Halo, balik lagi ya.. semoga ga bosen.. akhirnya masuk ke challenge terakhir untuk hari ini.

Langsung yaa

Kalau ngomongin tentang waktu tersulit atau terberat yang pernah ada di hidup aku, mungkin aku punya beberapa ni. Lumayan banyak juga, tapi kalau yang paaaling susah buat dilupakan ini yang mau aku tulis.

Yang pasti waktu papi meninggal. Jujur, sampai detik ini aku masih belum percaya aja rasanya. Padahal papi pergi itu sudah hampir 3 tahun. Cuma sampai sekarang, rasanya ga nyangka kalau papi yang ternyata harus pergi lebih dulu.

Cerita  ya,

Waktu itu papi mulai sakit sekitar 10 hari sebelum lebaran. Maghnya kambuh. Kalau kata mamak, ramadhan tahun itu papi sering konsumsi minuman yang bikin asam lambungnya tinggi. Sudah dilarang tapi ya gitu. Akhirnya sakit dan dibawa ke rumah sakit. Aku ditelpon kalau papi sakitpun, ga bergegas buat pulang, karna dalam fikiran aku itu magh biasa. Dan yang aku tahu, papi memang biasa "manja" kalau sakit. 2 hari di rumah sakit, papi pulang dan kondisinya baik. Bahkan malamnya aku inget banget masih ngobrol sama aku ngebahas tentang seorang laki-laki :( .
Paginya, papi mulai merasa kesakitan lagi. Dan minta kami buat ngundang semua saudaranya untuk buka puasa bersama di rumah. Besoknya, papi semakin drop, mulai ga bisa masuk makanan dan minta aku buat bawa ke rumah sakit lagi. Aku inget detail banget waktu-waktu terberat saat itu. Kondisinya aku cuma berdua sama mami di rumah. Kita berdua bawa papi ke rumah sakit. Aku yang waktu itu khawatir sekali ga sengaja ngebut dan ban mobil ngelindas lobang. "Pelan-pelan lah dek dek ". Gitu kata papi. Akhirnya sampai ke rumah sakit, papi dipasangin oksigen dan dikasi uap (lupa namanya). Sampai malam papi ada di igd. Aku mondar mandir telpon mamas dll, soalnya aku mulai ngerasa papi bener-bener sakit. Buat nafas aja sudah susah. Malam, sekitar jam 8an akhirnya papi pindah ke ruang perawatan. Walau kondisinya masih susah sekali bernafas. Aku juga mondar mandir minta suster buat ke kamar karena papi bolak balik minta di uap. Pokoknya full malam itu kita ga tidur. "Dek, kok kamu ga ngaji? Biasanya ngaji?" Aahh kalau inget kata-kata yang ini rasanya ga tahan mau ngeluarin air mata. Waktu itu aku lagi dalam kondisi ga puasa atau mens. Jadi ga tilawah. Akhirnya ya aku cuma lafalin beberapa surat yang aku hafal buat nenangin papi.
Sorry ni mungkin entah fikiran aku aja entah memang benar adanya. Tapi malam itu aku duduk tepat dibelakang papi dan di pinggir pintu. Tiba-tiba papi noleh ke belakang dan nanya "itu siapa yang datang?" Aku liat pintunya kebuka dan ga ada yang datang. Aku fikir itu angin, tapi ga mungkin ruangan rumah sakit masuk angin. Papi mulai sering nanyain "sudah jam berapa?". Feeling aku mulai kuat, tapi berusaha untuk ngilangin fikiran buruk.

Pagi jam 7an, papi di rujuk ke rumah sakit yang lebih besar yang fasilitasnya mungkin lebih bagus. Dokter penyakit dalamnya juga lengkap. Masuk igd lagi. Makin drop. Kali ini papi cuma bisa ditemenin 2 orang. Kami ganti-gantian jaga. Yang lebih sering aku karna yang lain bilang ga sanggup. Ga sampai hati liat kondisi papi. Ditambah lagi, dokter sudah ngomong sama aku dan mami, kalau kemungkinan besar, kami harus siap ngelepas papi. Hati aku hancur, dan tulang aku rasanya rontok seketika. Cuma waktu itu aku harus bener-bener terlihat kuat, dan terus berusaha menjaga papi.

Lebih kurang jam 10 pagi di hari itu juga, hari senin 27 ramadhan, 3 hari menjelang leberan, papi minta disandarkan, katanya lelah. Setelah sandaran, papi menghembuskan nafas terakhirnya tepat dihadapan aku. Semua orang berhamburan masuk ke ruang igd, kecuali aku yang berusaha berdiri dan jalan keluar ruangan. Ga ada air mata, aku cuma jalan tertatih. Sampai diluar, aku jatuh dan ga sadar lagi. Yang aku ingat, cuma ada suara-suara tepukan di pipi. "Nak, awak orang faham, awak pandai ngaji, ingat nak ingat itu mamimu kasihan" aku tersadar karna dengar kata-kata mami. Aku duduk dan nyariin mami. Syukurlah mami sudah sama saudara-saudaranya yang aku yakin bisa jadi sandaran buat mami.

Hari itu, benar-benar hari yang rasanya ga ingin aku rasakan lagi. Cukuplah satu kali itu saja. Tapi mau bagaimana, aku harus mengimani, setiap yang hidup pasti akan mati. Yah, semoga aku menjadi lebih sabar dan mengambil pelajaran atas musibah yang pernah aku alami ini.

Semoga papi khusnul khotimah..

Apapun yang kita alami, baik itu kesedihan, kegembiraan, semuanya pasti sudah terukur dan memang yang terbaik untuk kita. Mau sedih, mau bahagia, mau miskin mau kaya, semuanya cobaan. 

Satu detik kemudian, siapa yang tahu. Untuk itu, makanya kita dianjurkan untuk berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Karna kita ga pernah tahu, dalam keadaan apa nantinya kita harus meninggalkan jasad. Atau kita ga pernah tahu, amalan kita yang mana yang akan membawa kita mati dalam keadaan baik. 

Semoga bermanfaat

Da daaahh

Wsslm

Comments

  1. Aku menangis cina membaca ini,

    Btw turut berduka juga ya kaakk.. Semoga khusnul khatimah papinya^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan