Agent Of Change

Gambar:google


Agent of change, artinya apa ya?
Kalau difilm-film action, seseorang yang disebut agent pasti membawa sebuah misi. Berarti agent artinya seseorang yang membawa misi. Sedangkan change dalam bahasa indonesia artinya perubahan. Kalau disambung agent of change berarti seseorang yang membawa misi perubahan. Bener ga ya? Anggaplah begitu.

Perubahan disini juga artinya bisa dibawa ke dua arah. Perubahan positif kah? Atau negatif?

Dari jaman aku kuliah sampai sekarang sering digembar gembor bahwa pemuda khususnya para mahasiswa itu di sebut sebagai agent of change. Bagaimanapun seorang pemuda dibebani untuk membuat perubahan kearah yang lebih baik untuk lingkungannya.

Pertanyaannya? Apakah kita sudah merasa terbebani oleh gelar agent of change ini?

Syukur-syukur merasa terbebani. Mungkin sampai detik ini masih ada pemuda yang apatis yang bahkan tidak tahu kemana arah hidupnya.

Kali ini kita cuma akan bahas agent of change ke arah yang positif ya 😊

Tadi ga sengaja liat vidio di time line. Jadi dapat inspirasi dari vidio yang cuma semetin itu. Diawal vidio ada pertanyaan lebih kurang gini "apakah satu kebaikan bisa merubah dunia?". Dan jawaban dari vidio itu adalah bahwa ternyata kebaikan itu bisa menular. Mungkin begitu juga sebaliknya ya.

Jadi, kita tidak perlu lagi pesimis untuk melakukan perubahan kebaikan kecil. Biarlah ada cercaan atau omongan miring orang lain tentang apa yang kita lakukan. Minimal, kita mulai menjadi agent of change untuk diri kita sendiri. Berusaha melakukan hal-hal kecil yang membuat hidup kita di dominasi dengan hal baik. Misalnya dengan melangkahkan kaki saja. Sebagai muslim, kita diajarkan untuk melakukan sesuatu sesuai adab yang baik. Masuk wc pakai kaki kiri, keluar wc pakai kaki kanan. Dan contoh-contoh lainnya.

Setelah kita mulai menjadi agent of change bagi diri kita sendiri, saatnya kita juga mulai belajar untuk menjadi agent of change bagi lingkungan sekitar kita. Lihat duri di jalan, jangan cuma dilihat, ringankan sedikit tangan kita untuk membuang duri itu. Kalau kamu cuma lototin durinya ga bakal menepi sendiri kali gengs..

Menebar senyum, jangan bisanya cuma menebar hoaksss.. bosan. Gerah. Muak. Sudah.

Rajin belajar, tapi bukan rajin belajar saat mau ujian sekolah saja. Rajin belajar kapanpun dan dimanapun. Ga cuma disekolahan. Ngobrol sama orangtua, dapet pelajaran. Ngobrol sama siapa saja bisa dapet pelajaran berharga. Jangan cuma ambil gosip-gosipnya doank. Belajar sama bakteri noh, kecil, bentuknya acak adut, tapi bisa membuat perubahan. Bayangin kalau kagak ada bakteri, siapa yang bisa mengurai bangkai dan sampah dihutan. Bisa penuh bumi ini sama sampah. Belajar sama pohon. Dari pohon sampai detik ini kamu bisa merasakan dapat ilmu dari buku. Makanya jangan suka rusak buku. Butuh waktu bertahun-tahun bagi pohon supaya bisa diolah menjadi selembar kertas.

Fikiran itu seperti parasut. Dia cuma akan bekerja kalau dibuka.

agent of change itu hidupnya ada dimasa depan. Karena dia terus berfikir untuk bagaimana kehidupan dimasa yang akan datang.

Hhmmm, sepertinya aku sudah tidak ada bahan untuk ngomel lagi.

So, Kamu siap jadi agent of change?

- - - -

Masih dalam rangkaian blog challenge,
fightiing!!!

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan