Tak Bisa Bayar Pajak karena e-KTP Mati

Assalamu'alaikum wr wb

Halo selamat malam..

Kali ini aku mau cerita sedikit tentang pengalaman kena masalah ketika bayar pajak. Masalahnya adalah karena E KTP habis masa berlakunya alias mati.

Jadi, pajak yang harus aku bayarkan semuanya atas nama alm ayah. Sementara, E  KTP nya sudah habis masa berlakunya tahun ini. Dan ga mungkin bisa diperpanjang kan? Pastilah

Tapi, ketika aku mau bayar beberapa hari yang lalu, dipermasalahkan sama petugas pajaknya. Ujung-ujungnya aku disuruh bayar uang tambahan dengan alasan sangsi administratif. Gilaaa.. mana jumlahnya tidak sedikit.

Sy : saya
Pp : petugas pajak

Sy : Jadi, intinya saya ga bisa bayar pajak?.

Pp : Kalau KTPnya ga ada, ga bisa mbak

Sy : Lha itu kan KTPnya

Pp : ini sudah tidak berlaku.. sudah habis masa berlakunya

Sy : jadi bapak saya harus perpanjang dulu? Bapak saya dah meninggal ini mbak, gimana caranya?

Pp : iya ga bisa mbak, nanti jadi bermasalah di dalam

Sy : jadi gimana kalau misal KTP nya tetep ga ada?

Pp : bayar ******** sangsi adm

Sy : oowh, gitu.

Pp : iya (mulai ga mau natap)

Sy : mbak, saya sudah berusaha jadi warga negara yang baik, mau saya bayar pajak segini banyak, sedikitpun bapak saya ga mau ngakal-ngakalin negara, tapi kalau tahu diribet-ribetin gini, jangan salahin lho ya kalau tahun depan saya males bayar lagi. Uang hasil pajak buat apa coba? Gaji kan? Gaji siapa? (Ini aga dikecilin suaranya)

Pp : saya juga capek mbak kerja disini, pusing

Sy : (ahaa, jawaban yang kutunggu).. oowh capek, kenapa ga keluar aja? Masiiiihh banyaaak yang pengangguran tu, yang antri mau kerja kayak begian (mulai emosi ni ceritanya).

Pp : iya adm mbak ga lengkap gimana bisa diproses

Sy : ga lengkap gimana ini ada? (Padahal dalam otak masi mikir, aku salah apa bener)

Pp : ga bisa mbak

Sy : kalau bayar bisa?

Pp : bisa

Untungnya ada satu kontak di hp yang aku fikir bisa membantu. Mendengar sedikit info darinya, aku segera buka situs kementrian dalam negri. Goooocaaaa!!, akhirnya aku dapet satu informasi yang akurat sekali untuk masalah ini. Yaitu berupa surat edaran dari kementrian dalam negri yang menyatakan bahwa E-KTP yang mati dianggap berlaku seumur hidup. Disurat itu kemendagri menghimbau seluruh pelayanan publik untuk mematuhi ketentuan tersubut. Entah aku yang kudet, entah gimana ya. Tapi aku bener-bener baru tahu info ini ini.

Alhasil, aku balik lagi dan meminta pelayan publik tersebut untuk membaca surat edaran yang sudah aku unduh itu. Ga pake lama, urusan pajak kelar.


Note : tidak bermaksud untuk menjatuhkan instansi tertentu, hanya berbagi informasi. 

Saran : agar surat semacam ini di tempel di setiap kantor pelayanan publik. Supaya kedepannya orang kudet seperti saya tidak lagi dibuat emosi ketika berurusan dengan oknum yang "hidup untuk makan".

Da daaahhh

Wsslm

Comments

  1. wkwkwkwk seru bacanyaa! Sukakk!!!!! Begitulahhh kadang buk,, kita musti tunjuk bukti dulu.. Tp syukur diisini meski masih ada tapi nggak begitu berani karena katanya sii,, sudah serba transparan. Good Luck buk!!1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di kota besar kemungkinan memang jarang petugas yang berani nakal buk.. kalo di daerah ya bgitulah, mungkin mereka kira warga di daerah itu ga berani melawan.. kesel memang..
      Good luck juga buat ibuk...

      Delete
  2. Gimana klw dengan ktp yg jadul.apa kena denda jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yang belum E-ktp kah?
      kalo masa berlaku KTPnya sdh habis, dan kita ga bisa nunjukin KTP sementara, suket, atwpun keterangan bahwa e-ktp kita blm jadi, bisa jadi kita di denda.. soalnya Surat edaran yang saya cantumin diatas itu fungsinya cuma bwt e-ktp mas..
      kalo masi blm berhasil ngurus e-ktp nya, minta aja semacam suket di kelurahan gampang kok 😊..
      fighting!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan