Cara Bikin Pempek Sederhana

Halo...

Pada laper ga?? Sepertinya akhir-akhir ini cuaca sering sejuk ya. Jadinya bikin perut kita sering keroncongan. Tahu ga kenapa? Karena saat suhu lingkungan menurun, maka suhu tubuh kita juga akan ikut menurun. Makanya tubuh kita secara otomatis mencari cara untuk menaikkan lagi suhunya, salah satu caranya adalah dengan makan. Hhmmm mudahnya ni, makanan yang kita makan itu seperti dibakar di dalam tubuh kita hehehe. Jadi kalau waktu hujan perut kita keroncongan, berarti itu alarm yang sengaja dikirim oleh tubuh kita agar kita membantu dengan mengirimi amunisi berupa makanan 😀😊.

Eehhh sorry, malah ngisi kuliah 3 SKS hihihi, padahal mau share tentang pengalaman bikin pempek 😁. Ya uda deh coba yaa.. yuuukk..
Eh tunggu sebelumnya aku ga brani bilang ini pempek palembang ya, soalnya kalo yang dari palembang kan khas gitu.

Gimana ya cara ngejelasinnya wkwkwk 😂.. Sorry soalnya belum pernah bikin tulisan resep makanan. Jadi harap maklum kalau nanti bahasanya seadanya hihi 😆.

Sebelum masak, tentunya kamu harus siapin dulu bahan-bahannya kan? Jadi bahan yang harus ada di dapur kamu untuk bikin pempek ini adalah yang pertama 1/2 ons ikan teri , 2 ons tepung kanji, 3 ons tepung gandum,  1 butir telur, 2 siung bawang putih, garam secukupnya, dan kalau mau, tambah pake bubuk kaldu atau ma**ko secukupnya.

Pertama, ikan teri dan bawang putih dihaluskan dengan blender. Ya kalau lagi hemat listrik, boleh deh di ulek pakai tangan sendiri.. Setelah halus, campur semua bahan kedalam satu wadah. Sambil diaduk sambil ditambahi air secukupnya. Ingat jangan sampai keenceran. Buat teksturnya seperti kira-kira satu tingkat lebih kental dari susu kental manis. Jangan lebih encer dari itu.
Nah Kalau sudah teraduk rata, adonan siap untuk kita sulap jadi pempek.

Caranya adalah, masukkan adonan ke dalam plastik panjang yang biasa dipakai untuk bikin es atau narok sambel pecel lele itu lho. Pokoknya cari di toko plastik atau pasar mesti ada kok. Kalau punya corong, lebih baik masukkan dengan menggunakan corong supaya ga belepotan. Ikat kuat pakai karet gelang. Oya lupa, sambil masukin adonannya dalam plastik, didihkan air dalam dandang ya. Nah kalau semua adonan sudah rapih dalam plastik, rebus dah dalam air yang mendidih tadi. Tutup dandangnya, beres-beres dapur, dah tu nonton tv bentar boleehh 😁. Kalau kamu udah liat adonan tadi ngambang di permukaan air yang direbus, artinya dia sudah jadi pempek yang lezat. Tiriskan, tunggu dingin. Jangan langsung di goreng ya, biarin dingin dulu.

Kalau aku biasanya bisa simpan sampai seminggu lebih di kulkas. Biarin aja masih dalam plastik tadi. Kalau mau goreng, baru dah plastiknya dibuka.

Oya, kalau bahan dasarnya kamu ga suka ikan teri, bisa diganti sama yang lain kok. Udang bisa, ikan segar bisa, ayampun bisa. Takarannya dikira-kira saja, mesti jadi kok. Makin banyak, makin enak, hehehe 😊.

Kalau untuk kuahnya mudah, rebus air sama gula merah, irisan cabe, sama asam jawa. Kalau ga ada asam jawa, cuka makan juga bisa. Kalau sudah mendidih, boleh deh kalau mau dikasi timun sesuai selera. Oya, jangan lupa tambahin garem biar lebih nikmat. Tapi kalau aku lebih sering makan tanpa kuah, soalnya pempek doank dah enak sii 😉. Yang udah di goreng maksudnya ya.

Sederhana kan?? Kalau soal rasa, menurut aku ga kalah kok. Yang lebih penting lagi, kualitas terjamin daripada harus jajan di pasar.

Silahkan dikoreksi ya jika salah. Kalau mau tanya-tanya juga boleh..

Selamat mencoba 😄😁😊

Wsslm
Sebelah kiri, pempek yang sudah digoreng


Comments

  1. Min,,, misal nggak punya timbangan ngukur berapa onsnya bisa pakai sendok ndak? Kira" brp takarannya ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk gampang kok, ikan teri segenggam, tepung kanji 2 gelas, tepung gandum 3 gelas.. sudah begitu saja 😄😁

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan