Cara Bikin Kuah Sate Padang

Assalamu'alaikum wr wb

Haloo..

Balik lagi ya coba kasih tahu sesuatu yang aku tahu (harap maklum dengan kalimatnya ya). Ini ilmu juga dapatnya karena saking sukanya sama sate padang, alhasil jadi sering bikin sendiri di rumah. Soalnya di luaran itu sate padang banyak si, ada yang murah ada yang muaahal. Rasanya ada yang pas, ada juga yang apa adanya 😊. Kalau di pekanbaru, salah satu rekomendasi sate padang yang aku suka itu "Sate Padeh". Sate Padeh ini pun ada dibeberapa tempat. Ga tau deh ini satu pabrik apa enggak, tapi menurut aku Sate Padeh yang di jalan Delima agak beda rasanya dengan yang di depan Giant Panam. Dua-duanya sama-sama super pedes. Pernah aku makan sama temen, namanya Dian Pamela (Diaaan,, kok de kangen ya denger Dian nyanyi), saking dia ngerasa kepedesan, sendal jepit yang dia pake sampe putus 😀. Pasti kamu bingung kan apa hubungannya sendal jepit sama pedes? Hihihi.. Aku juga awalnya kebingungan, tapi setelah denger penjelasan si Dian, ternyata dia tu nahan pedes dengan menggerak-gerakkan jari kakinya wkwkwk ada-ada aja kan?? Hadooii Diaan Dian ckckck.

Lhoo malah cerita, hihihi ayok coba kita bikin kuah sate padangnya ya. Tapi sebelumnya mohon maaf, mungkin sate padang yang dibuat orang padang ada resep khusus dibumbunya, kalau aku yang bikin ni, sesuai selera aku aja ya. Tapi sejauh ini ada yang nyicip katanya, "lumayanlaaah uniii, layak ni dijual 😀".

Bahannya ga banyak kok, cuma sedikit tepung beras, santan (kalau ga ada gpp), merica bubuk, bawang putih bawang merah, cabe merah, kunyit, garam, kalau mau tambahin ma**ko, dan bawang goreng untuk penyajian. Untuk ukuran sesuaikan saja ya. Kalau aku biasanya masak paling banyak stengah panci ukuran kecil. Tepungnya sekitar 1/2 gelas kecil. Untuk bumbu, 2 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, kunyit satu potong kecil, cabe sesuai selera, merica bubuk satu bungkus kecil (kalo kurang tambahin)

Cara bikinnya juga gammpang sekali. Tepungnya dilarutkan kedalam air dulu. Inget ya jangan air panas, air biasa aja. Kalau airnya panas tepungnya bakal ngegumpal. Nanti bisa gagal kuahnya. Jadi harus air biasa. Kalau sudah larut, baru dah tu hidupkan kompor dan masak. Kalau ada kaldu ayam, masukkan berbarengan sama bumbu-bumbu tadi yang sudah dihaluskan. Sudaaaahh, tinggal diaduk aduk sampai kuahnya mengental.

Oya, jangan khawatir kalau awalnya keliahatan encer ya. Soalnya pengalaman ni karena keliatan encer aku tambahin terus tepungnya. Jadi akhirnya kuahnya terlalu kental dan ya ga kemakan jadinya. Jadi diawal itu memang dia terlihat encer. Tapi nanti kalau sudah mulai mendidih, dia akan mengental dengan sendirinya. Aduk-aduk aja terus supaya ga gosong dibagian bawah. Kalau sudah meletup-letup, brarti dah bisa disajikan. Dicicip dulu deh, kalau ada kurang-kurang bisa ditambahhin 😊.

Kuah sate padang ini biasanya aku makan cuma pakai keripik cabe atau keripik lado. Hhmmmm enak lah pokoknya. Tapi kalau lagi rajin baru dah tu nusuk-nusuk daging bikin satenya. Kalau lontong biasanya mamak yang buatkan.

Nb : paling gampangnya, biasanya aku pake kuah gulai kalau mamak lagi masak gulai di rumah. Jadi aku ambil beberapa centong kuah gulainya, aku tambahin air sedikit, tambahin merica bubuk, tambahin garem sedikit, terus kasi tepung. Masak sampe jadi kuah satenya 😁. Gampang kan?? Hihihi.

Semoga bermanfaat, apalagi buat orang yang kayak aku ni tergila-gila sama sate padang. Kalau jajan sate padang terus, bisa bolong kocek kita kan?? 😅



Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan