Tentang Rindu



Menurut kamu, rindu itu apa? Bagaimana cara menjelaskan pengertiannya? Aku sendiri rasanya masih susaah sekali membuat pengertian dari kata rindu ini. Yang aku tahu rindu adalah sebuah ungkapan perasaan. Perasaan yang tersimpan dan tentu saja tulus. Karena sepertinya kita tidak bisa membuat-buat sendiri perasaan semacam ini. Dia hadir dengan sendirinya mengisi relung hati yang terdalam.

Rindu itu unik. Dia bisa membuat seseorang bersemangat untuk mencapai sesuatu. Misalnya kamu sedang rindu kampung halaman, maka kamu akan bergegas menyelesaikan tugas di tanah rantau untuk segera pulang. Kamu rindu kekasih, itu akan membuat kamu tak akan menghadirkan cinta yang lain. Kamu rindu kemenagan, hingga kamu fokus berjuang untuk mencapai semua impian. Dan masih banyak lagi.

Bahkan rindu juga bisa membuat kita meringkuk kesakitan. Dia bisa berubah menjadi candu jika kita tidak bisa menjinakkan perasaan ini. Bahkan ada yang berkata "rindu setengah mati, aku bisa mati menahan rindu, dll". Kamu bisa bayangkan betapa sakitnya seseorang yang menyimpan rasa rindu. Apalagi  jika dia tidak menemukan harapan lagi untuk menyalurkan rasa rindunya.
"Aku harus menyibukkan diri. Membunuh dengan tega setiap kali kerinduan itu muncul. Ya Tuhan, berat sekali melakukannya. Sungguh, karena itu berarti aku harus menikam hatiku setiap detik." (Tere Liye, Sunset Bersama Rosie).

Seperti kataku tadi, rindu itu tulus. Dia datang tanpa diminta. Jika kamu dirindukan seseorang, sudah dipastikan kamu adalah seseorang yang memiliki posisi terpenting dalam hatinya. Kamu tidak bisa melarang seseorang untuk tidak merindukan kamu. Karena dengan dia tidak ingin sekalipun, kalau rindu yang ingin datang, dia sendiri tidak akan mampu menolak kehadiran rindu.

Betapa bahagia orang yang bisa melepas rindu. Seperti hujan yang datang di penghujung kemarau. Memberikan kebahagiaan, keceriaan, dan kehidupan. Aku senang memperhatikan seseorang yang berhasil melepas rasa rindunya dengan bertemu seseorang atau mencapai sesuatu. Aku lihat seseorang itu berkali-kali menarik nafas panjang dan dengan lega melepasnya. Tak jarang diiringi dengan air mata kebahagiaan. Benar-benar hatinya seperti terlepas dari belenggu.
Akankah nanti aku juga sempat merasakan kebahagiaan seperti itu? Ntahlah, aku hanya bisa berharap yang terbaik.

Selamat malam, selamat istirahat, mimpi indah, miss u.. so much :')



Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan