Sedih

Sedih adalah suatu perasaan yang terjadi didalam hati. Biasanya, itu terjadi saat hati kita sedang berat. kenapa bisa berat? Biasanya berat terjadi ketika adanya volume. Dengan kata lain, hati kita sedang terisi oleh sesuatu. Apa?? Bisa jadi seseorang, atau sesuatu yang kecil, tapi sudah bertumpuk bertahun lamanya.

Saya, dan mungkin oleh sebagian orang, sering sekali bersedih karna sesuatu yang kadang tidak begitu ada artinya. Misal, saya sering sekali bersedih jika usaha saya tidak diterima dengan baik, atau ketika saya dituduh melakukan kesalahan yang bukan saya yang melakukannya. Padahal bisa saja itu suatu pembelajaran supaya saya bisa menjadi orang yang tulus, tidak masalah dengan suatu penolakan. Bahkan saya sempat bersikap frontal, ketika seorang teman berkata "sudah, kalaupun ibuk itu bilang kamu ngebunuh orang, di iyakan saja, tidak ada gunanya membela diri, tetep bakal kamu yang salah". Sebagai mahasiswa kala itu, dalam kekesalan, saya memang hanya bisa diam dan terus meratapi kesedihan.

Saya juga sering bersedih ketika menerima kekalahan, penolakan, kehilangan seseorang, dicurangi, dibully, dimarahi, ditertawakan, bahkan, saya pernah bersedih hanya karna pesan saya diabaikan. Hehehe..

Padahal seharusnya,

Sedih itu, ketika pahalamu lebih sedikit dibandingkan dosamu.
Sedih itu, ketika ibadahmu lebih sedikit dibandingkan tidurmu.
Sedih itu, ketika doamu lebih sedikit dibandingkan tawamu.
Sedih itu, ketika sabarmu lebih sedikit dibandingkan marahmu.
Sedih itu, ketika wajahmu lebih cantik dibandingkan dengan akhlakmu.
Sedih itu, ketika usahamu lebih sedikit dibandingkan dengan keluhmu.
Sedih itu, ketika kasihmu lebih sedikit dibandingkan dengan rasa bencimu.
Sedih itu, ketika belajarmu lebih sedikit dibandingkan dengan mainmu.
Sedih itu, ketika semangatmu lebih sedikit dibandingkan dengan resahmu.

Apapun makna kesedihan bagi masing-masing orang, paling tidak dengan pernah merasakan sedih, kita akan lebih bisa menghargai arti dari sebuah kebahagiaan.

#Mohon koreksi jika salah
#Ramadhan part IX

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan