Pengakuan

Siapa yang tidak memiliki rahasia dalam hdupnya. Saya rasa semua orang memiliki rahasia terpenting tentang dirinya yang ia sendiri tidak ingin diketahui seseorang atau bahkan semua orang. 

Saya punya rahasia, banyak sekali. Terutama rahasia tentang betapa banyaknya kesalahan yang telah saya lakukan dimasa lalu. Untungnya, Tuhan masih menutupinya. Menjaganya tersimpan rapih agar tidak diketahui orang lain. Andai saja Tuhan tiba-tiba membukanya, bukan tidak mungkin saya hanya akan hidup seorang diri.

Namun demikian, ada kesalahan yang harus kita akui. Jika itu kesalahan kita kepada Tuhan, kita bisa bertaubat dan meminta ampunan. Jika itu kesalahan kepada manusia, mau tidak mau kita memang harus membuat pengakuan dan meminta maaf tentunya. Tidak cukup hanya membuat pengakuan kepada Tuhan. Jika tidak, rasanya kita akan terus dihantui perasaan berdosa biar bagaimanapun kita menutupinya supaya terlihat bail-baik saja. Tapi ketika kita membuat pengakuan lalu meminta maaf, percayalah, rasanya akan seperti terbang melayang kesana kemari saking leganya.

Mintalah maaf dengan sepenuh hati, tulus dari hati paling dalam (maaf lebay). Jangan dulu berfikiran bahwa permintaan maaf kita akan ditolak. Pasrah saja sambil berdoa, semoga pengakuan kita tidak menambah buruk keadaan. Niat yang baik, semoga bisa diterima dengan baik.

Kita tentu tidak ingin, rahasia kita itu terbongkar oleh orang lain. mereka tahu kesalahan kita bukan dari kita sendiri, tapi mereka tahu rahasia kita dari orang lain. Mungkin, keadaannya akan menjadi lebih buruk. Bisa saja kita tidak lagi mempunyai kesempatan untuk berbicara, menjelaskan, atau bahkan hanya untuk meminta maafpun sulit. Karena mereka terlebih dahulu kecewa dan tidak lagi dapat mempercayai apa yang kita ucapkan. Apapun, kita bicara benar sekalipun, pasti yang mereka fikirkan kita sedang berbohong.

sebelum itu terjadi, apa tidak sebaiknya kita membuat pengakuan dan meminta maaf? rasanya itu lebih baik. karena setiap telinga yang mendengarkan, setiap hati yang merasakan masih sejuk. Kemungkinan untuk dimaafkan mungkin saja lebih besar.

# leganya abis mengakui kesalahan

# mohon koreksi jika salah

# ramadhan part VI

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan