Do'a

Setiap manusia yang mempunyai iman, sudah pasti pernah berdoa. Karna berdoa, adalah salah satu bukti keimanan seseorang kepada Tuhannya. Bukti kalau ia percaya Tuhan dapat mengabulkan apa yang ia inginkan, bukti pengharapan seorang hamba yang tidak dapat berbuat apa-apa jika tidak ada campur tangan Tuhannya. Maka dari itu, menurut saya orang-orang yang rajin berdoa sudah pasti terlepas dari sifat sombong.

Dulu saya sering sekali memaksakan orang-orang terdekat untuk berdoa dan minta sebanyak-banyaknya. Saya sedikit kesal ketika ada teman yang berkata "ya Allah, dapat B aja dimata kuliah ini jadiiilah" padahal apa salahnya jika kita minta dapat A sekalian, "nanggung kali bah, cemananya si kawan ini (nah mulai kluar bataknya ni)". Bukan naif dan ga rasional si jika memamg mata kuliah itu sulit sekali mendapat nilai sempurna. Tapi rasanya tidak ada salahnyakan kita minta banyak-banyak sama Tuhan kita sendiri. "Lah wong Tuhan itu maha kaya kok yoo (lha kok jadi jawa)". Disamping kita juga selalu mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Tapi yakin saja, ketika sudah berdoa, apapun yang Tuhan kasih adalah yang terbaik buat kita pastinya. Yang terpenting itu berdoa saja, karna memang harusnya begitu kok.

Ada cerita menarik pagi ini. Saya teringat ceramah seorang ustadzah ketika saya diperkenankan hadir dalam majelis ilmu. Katanya, ketika kita berdoa jangan lupa mendoakan orang-orang yang kita cintai, seperti orang tua, saudara, sahabat seperjuangan dan lain-lain. Karna ketika kita mendoakan yang baik-baik untuk mereka, maka malaikat akan berkata "amiin, dan begitu juga untukmu". Artinya jika ingin didoakan sama malaikat, jangan lupa mendoakan orang lain.

Jadi pagi ini rasanya saya begitu semangat sekali berdoa, karena saya berfikir bahwa, malaikat itu adalah makhluk yang paling dekat dengan Tuhan :) (kalau salah mohon ditegur saja ya, karna saya awam).

Bagi umat muslim, mumpung masih ramadhan, banyak sekali waktu-waktu di bulan ini yang memberikan kesempatan kepada kita untuk berdoa. Mintalah yang ingin kita minta. Jangan malu, karna berdoa tidak harus berteriak, cukup kita dan Tuhan kita yang tahu. Lebih bagus lagi jika kita berdoa sambil bermandikan air mata (eh kayak lirik lagu dangdut). Karna air mata menunjukkan bahwa kita lemah dan tidak dapat berbuat selain kehendak Tuhan (di depan Tuhan tidak apa kita terlihat lemah tak berdaya, tapi dengan selainNya, kita harus menjadi singa. Hehehe).

Kenapa saya berfikir begitu? Karena dulu, kalau minta sesuatu sama orang tua, saya harus nangis-nangis baru dikasih hehehe :).


#mohon dikoreksi jika salah

# ramadhan part IV

Comments

Popular posts from this blog

Without Allah I'm nothing

Awak ni Apeelaaah

Bertahan Pada Keyakinan